Category Archive Tokoh

Byteamwebsite

Mencari Dan Menyelamatkan Kerinduan Seorang Monsinyur Rubi

Banyak cara untuk mengingat sesorang, banyak pula cara untuk menyusun kiprah dan pelayanan seseorang. karena itu, banyak sekali cara untuk mendokumentasikan dua hal ini. Kami memilih media buku sebagaimana keseharian kami bergelut dengan media baca tersebut, Monsinyur Rubi, sosok beliau mendadak menjadi buah bibir setelah sekian lama umat KAS tidak memiliki seorang uskup. Romo berkumis tebal dan bermata sipit ini tiba-tiba menjadi buruan orang-orang untuk mengetahui siapa sosok rohaniwan murah senyum ini.

Nama Beliau sebelumnya memang tak banyak dibincangkan orang. Bahkah, media keuskupan pun tak banyak meliput kiprahnya. Bisa jadi, pilihan pelayanannya yang membuat beliau sepi dari publikasi. Ya apa yang bisa diberitakan dari sosok seorang “hakim” pengadilan Gereja Katolik Keuskupan Agung Semarang ini? Urusan tak jauh dari problem-problem pelik umat terutama gonjang-ganjing perkawinan Katolik.

Mengobrol secara dekat dengan beliau membekaskan kesan amat simpatik dalam diri kami. Niat untuk membukukan perjalanan hidupnya mendadak muncul dalam diri kami. Dan, buku kecil ini adalah realisasi dari niat spontan ini.

Akhir kata, buku ini ibaratnya baru satu bab. Kiprah Monsinyur Rubi berikutnya akan dikabarkan melalui karya-karya nyata beliau di tengah umat KAS. Bisa jadi, Anda-lah yang akan menuliskan kisah itu ke dalam bab-bab baru!. berarti meletakkan Kitab Suci dalam posisi istimewa. Apalagi yang lebih istimewa, selain membuatnya semakin dikenal dan dihidupi!

Byteamwebsite

Belajar Kepemimpinan Mgr. Suharyo

Kerendahan hati yang dijadikan motto pelayanan Mgr. Suharyo sebagai Uskup Agung Semarang terungkap dalam kesederhanaannya sebagai sikap dasar dalam mengemban tugasnya untuk mengajar, menguduskan, dan menggembalakan. Masalah-masalah yang ruwet oleh Mgr. Suharyo bisa diurai dengan cerdas, dan kita pun dibantu untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi.

Kalau muncul masalah, anjuran Mgr. Suharyo sederhana,” Mari kita duduk bersama!

Byteamwebsite

Imam Diosesan

Apa artinya menjadi imam diosesan? Jawabnya, imam diosesan hidup di tengah umat di wilayah dia diinkardinasikan dalam suka dan duka. Hidup di tengah umat itu, seorang imam mengarungi kehidupan yang terus berjalan dan berubah bagaikan arus zaman. Kadang berhadapan dengan badai yang ganas, namun kadang pula memeluk keheningan dunia.

Salah seorang imam diosesan, I Gusti Bagus Kusumawanta asal Singaraja Bali, dalam pesta perak imamatnya telah melukiskan peziarahan hidupnya dalam buku bunga rampai. Isinya tentang dunia, tentang sosok imam diosesan itu sendiri, tentang seminaris, tentang keluarga, tentang pendidikan katolik, tentang iman dan liturgi, tentang katekese dan tentang parokial.

Byteamwebsite

Patriotisme Dan Nasionalisme Para Pejuang Katolik

Dari kisah hidup pahlawan ditunjukkan dengan jelas bagaimana manusia menghayati nilai-nilai yang diaktualisasikan dan diperjuangkan selama hidup mereka. Mereka mengesampingkan harta atau kedudukan atau kepentingan pribadi untuk mengejar sesuatu yang lebih mulia dan berharga.

Para pahlawan yang kisahnya tersaji dalam buku ini telah menunjukkan usaha dan perjuangan mereka untuk mengejar nilai pribadi dan nilai sosial. Pada masa kini diperlukan satu tambahan nilai lain, yaitu nilai cinta alam atau lingkungan hidup. Fenomena pemanasan global yang berakibat pada perubahan iklim yang ekstrem dibarengi dengan kenaikan harga pangan dan energi telah menyadarkan umat manusia akan pentingnya nilai cinta alam dan lingkungan hidup. Tokoh-tokoh pahlawan yang menjunjung nilai cinta alam dan kelestarian hidup dewasa ini sangat urgen untuk diangkat kembali.

Byteamwebsite

Fx

Bagi saya, tidak penting berkantor di mana pun. Yang penting bekerja!” Inilah sepenggal kalimat dari “FX”, Sang Walikota Solo. Pastinya: selamat datang di “Spirit of Loving Others”, sebuah era blusukan, yakni era horisontal yang selalu mendengar dan memperhatikan sekaligus mencintai dan membela. Inilah sebuah era bahasa yang mengurangi instruksi tapi banyak mendelegasi, yang mengurangi perintah tapi banyak berkomunikasi.

Sebuah era di mana pemimpinnya: ketika ada masalah dia ada di paling depan, ketika ada kerja dia ada di tengah-tengahnya, dan ketika ada kemakmuran dia ada di paling belakang, karena sejatinya pemimpin harusnya menderita dan bukan menikmati, harusnya penuh cinta dan bukan sekedar kata-kata hampa.

Tolle et Legge. Ambil dan bacalah!

Byteamwebsite

Film Dan Iman

Yang sakral tak selalu hanya berada di altar!

Kiranya itulah yang mau ditunjukkan dalam buku ini. Usai mengurai dimensi formatif media secara umum, penulis mengudar dialog teologi-film sebagai dasar refleksi. Paparan mengalir ke cara menemukan gambaran figur Kristus dalam narasi film.

Buku ini dilengkapi dengan acuan praktis berupa model-model pertanyaan tematis dalam mengintepretasikan film, juga beberapa review reflektif berupa judul film sebagai contoh gerak menemukan nilai-nilai Kristiani dan gambar Allah dalam film rohani dan sekular.

Byteamwebsite

Bruder Fic Identitas Dan Sejarah

Buku ini pertama-tama dimaksudkan sebagai bahan pengayaan para pengampu pembelajaran Kepangudiluhuran di sekolah-sekolah Yayasan Pangudi Luhur. Di dalam buku Kepangudiluhuran selalu dibicarakan atau dibahas tentang kongregasi Bruder FIC sebagai inspirasi bagi para murid. Untuk mengantar pemahaman dan pendalaman tentang Kongregasi FIC yang lebih mendalam itulah buku ini dirasa perlu. Wawasan yang lebih luas dan komprehensif tentang Kongregasi FIC akan membuat pembelajaran Kepangudiluhuran lebih bermakna, lebih lengkap dan diharapkan juga lebih menarik. Tentu saja para pembaca lain pun dapat memetik buah dari membaca buku ini.

Buku ini berisikan dua bagian pokok, sesuai dengan judulnya, yaitu Identitas Bruder FIC dan Sejarah Bruder FIC. Di dalam bagian Identitas Bruder FIC digambarkan secara ringkas antara lain latar belakang didirikan FIC; siapakah Pastor Rutten dan semangatnya; siapakah Bernardus Hoecken dan semangat juangnya. Kepemimpinan FIC dan visi misi Kongregasi FIC Provensi Indonesia memberikan gambaran yang jelas tentang cita-cita yang lebih kontekstual tentang idealisme Kongregasi FIC.

Pada bagian Sejarah FIC diberikan rangkuman perkembangan perjalanan Kongregasi Bruder FIC dari awal mula keadaan di Belanda dan meluasnya karya pelayanan Kongregasi FIC ke luar Belanda yaitu Indonesia, Chile, Pakistan, Sierra Leone, Malawi dan Ghana.
Dengan memahami hal-hal tersebut, pembaca dapat mengetahui tentang jati diri Bruder FIC, meskipun secara selayang pandang. Mereka, para pembaca budiman, diberikan pemahaman tentang hidup dan kehidupan bruder.
Selamat mengenal Bruder FIC!

Byteamwebsite

Kiprah Tokoh Katolik Era Reformasi

Tulisan dalam buku ini lahir dari perjalanan jurnalistik dari penulis bersama Majalah HIDUP selama kurun waktu 2011-2013.

Buku bertajuk Kiprah Tokoh Katolik Era Reformasi yang berada di tangan Anda saat ini merupakan sebuah pancaran syukur dan ekspresi pengalaman kehidupan.

Byteamwebsite

Paus Fransiskus

Uskup Agung Buenos Aires, Jorge Mario Bergoglio, terpilih menggantikan Paus Benediktus XVI. Ada banyak keutamaan yang dimiliki Paus Fransiskus. Banyak orang melihat dia adalah pribadi yang sederhana. Beliau yang sering menggunakan transportasi umum, tinggal di flat bersama rekan pastornya dan memasak sendiri makanannya menjadi gambaran kesederhanaannya. Bahkan pemilihan nama “Fransiskus” pun berangkat dari cara yang sangat sederhana. Konon karena Kardinal dari Brasil membisikkan kepadanya supaya tetap ingat orang miskin. Dari bisikan itu lalu ia pun langsung teringat St. Fransiskus Assisi, seorang pribadi yang sangat peduli pada orang miskin dan terpanggil untuk “membangun (kembali) Gereja”. Pilihan motto Beliau pun, “Misserando Atque Elligendo”, menggambarkan bagaimana kesederhanaan itu yang telah, sedang dan akan dihidupi oleh Paus Fransiskus.

Buku ini memberikan gambaran yang lebih lengkap dari seluk beluk seorang Jorge Mario Bergoglio, yang didaulat menjadi Paus. Dengan buku ini kita dibantu semakin mengenal Bapa Paus Fransiskus dan semakin tergerak bersama-sama dengannya membangun kembali Gereja supaya semakin bisa selaras dengan kehendak Bapa yang telah disabdakan dan diwujudkan oleh Yesus Kristus dalam bimbingan Roh Kudus.